BASIC COMMAND DEBIAN LINUX PART 1

 



PERINTAH DASAR DEBIAN LINUX PART 1

Hallo teman-teman, pada materi sebelumnya kita telah belajar menginstal Debian linux di VirtualBox. Untuk materi kedua debian linux kali ini kita akan belajar perintah-perintah dasar debian linux.

1. Whoami

Perintah ini digunakan untuk melihat nama user atau untuk melihat user yang sedang aktif digunakan. 
 
Gambar 1.2


Gambar 1.3

2. PWD

Perintah ini digunakan untuk melihat posisi user kita sekarang berada di directory mana.


Gambar 1.4

 
Gambar 1.5

3. Mkdir

Perintah ini digunakan untuk membuat directory/folder
Contoh : Di bawah ini saya membuat sebuah directory/folder bernama folder1 


Gambar 1.6


4. Ls

Perintah ini digunakan untuk melihat atau mengecek isi dari suatu folder. 
Contoh : Karena sebelumnya saya telah membuat sebuah directory/folder bernama folder1, kita cek dengan perintah ls, maka akan terlihat folder yang telah kita buat tadi.


Gambar 1.7

5. Rmdir

Perintah ini digunakan untuk menghapus directory/folder
Contoh : Di sini saya akan menghapus directory/folder (folder1) yang telah saya buat tadi.

Gambar 1.8

Lalu kita cek dengan perintah ls, maka folder tersebut akan hilang.


Gambar 1.9

 

6. Cd

Ada beberapa yang bisa digunakan dengan perintah cd ini yaitu :

    1) cd

Perintah ini digunakan untuk langsung keluar dari semua directory/folder, apabila kita sebelumnya berada di beberapa directory.

Contoh : Disini posisi user saya berada di directory tkj2 lalu directory tkj1, saya ketik perintah cd saja, maka akan langsung keluar dari semua directory.

Gambar 1.10

    2) cd (nama folder yang ingin dimasuki)

Perintah ini digunakan untuk masuk ke dalam directory/folder yang dipilih.
Contoh : Disini saya akan coba masuk ke directory tkj1 yang telah saya buat.

Gambar 1.11

Lalu saya cek posisi kita dengan perintah pwd, maka terlihat posisi saya berada di directory tersebut.


Gambar 1.12


    3) cd ..

Berbeda dengan perintah cd saja, perintah cd .. ini digunakan untuk keluar satu directory/folder.

Contoh : Di sini posisi user saya berada di dalam directory tkj2 lalu tkj1, kemudian saya ingin keluar satu tingkat (menuju ke directory tkj1 saja dengan perintah cd .., maka posisi user saya telah keluar satu tingkat ke directory tkj1 

Gambar 1.13


Mungkin cukup sekian pembahasan perintah dasar bagian pertama kita. 
 


 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGINSTAL DEBIAN DENGAN VIRTUALBOX DI LINUX